![]() |
| https://smp42.kabburu.my.id |
Siahoni, Buru, Maluku : Selasa, 14 November 2023. Telah dilaksanakannya Pendampingan Individu (PI) ke-3 bertempat pada SMP Negeri 42 Satap Buru yang sebelumnya telah dijadwalkan sejak 13 s/d 17 November 2023 sesuai kesepakatan bersama para Calon Guru Penggerak (CGP) bersama Pengajar Praktik (PP).
Seperti halnya pendampingan individu (PI) ke-2, kegiatan pendampingan ke-3 mengusung tema “Implementasi Pembelajaran yang Berpihak pada Murid”. Dengan tujuan pendampingan adalah untuk membantu Calon Guru Penggerak (CGP) dalam menerapkan hasil pembelajaran daring dan lokakarya sehingga Calon Guru Penggerak (CGP) mampu mengembangkan diri sendiri dan juga guru lain dengan cara melakukan refleksi, berbagi, dan kolaborasi serta memiliki kematangan moral, emosional, dan spiritual untuk berperilaku sesuai kode etik.
Pada Pendampingan Individu ke-3 ini, PP bersama CGP berfokus pada beberapa hal, diantaranya adalah Refleksi hasil survey (feedback 360°) dan penialaian sendiri tentang kompetensi guru penggerak, Diskusi terkait rencana menerapkan pembelajaran sosial emosional sebagaimana yang telah CGP dapatkan pada pembelajaran modul 2.2, Diskusi juga terkait hasil Lokakarya dua, yakni keterlaksanaan dan imolementasi dari tahapan BAGJA, selanjutnya CGP melakukan refleksi terhadap pendampingan ke-3.
Hal-hal yang dibahas/dibicarakan selama proses pendampingan individu ke-3 berlangsung diawali dengan menyapa dan menanyakan kabar kepada saya M. Faisal Marasabessy sebagai Calon Guru Penggerak (CGP) oleh Pengajar Praktik (PP) bapak Ali Machfud, S.Pd., Serta menjelaskan bahwa Aktivitas pendampingan kali ini, tentang kompetensi CGP dari hasil umpan balik, kemudian praktik baik di kelas dan di sekolah terkait penrapan modul 2.2. Dan kelanjutan dari Pendampingan Individu dua tentang prakarsa perubahan dan visi sekolah. Pengajar praktik pun mengingatkan dan memastikan bahwa saya pun telah menginput instrumen lembar umpan balik ke LMS sesuai dengan responden yang telah ditetapkan.
Pada bagian akhir dari pendampingan ke-3, sebagai CGP saya pun melakukan refleksi terhadap proses pendampingan seputar hal-hal yang menarik pada pendampingan ini, apa yang sudah baik dan perlu diperbaiki nantinya dari pendampingan selanjutnya, Serta Pengajar praktik pun mengingatkan saya sebagai CGP, bahwa Sebelum pelaksanaan Pendampingan Individu (PI) ke-4 nantinya, tugas yang harus disiapkan oleh CGP adalah menyusun RPP dengan unsur diferensiasi, kompetensi sosial emosional, dan budaya positif serta menyepakati batas waktu pengerjaan RPP antara PP dan CGP, disampaikan juga bahwa RPP yang telah disusun oleh CGP pun akan dikirimkan kepada PP untuk diberikan umpan balik. Selanjutnya penetapan Jadwal pelaksanaan observasi pembelajaran dengan CGP dengan durasi 2 Jam Pelajaran. Pendampingan pun berakhir dengan sesi fhoto dan penandatangan daftar hadir serta administrasi lainnya. (M.F.M)
Alamat : Klik kembali ke Beranda


0 Komentar